header

Perpanjangan STNK Cukup 30 Menit

>> 29 Januari 2011


Baru tahu kalo perpanjangan STNK cuma butuh waktu setengah jam. Selama ini stigma yang melekat pasti ribet dan lama, makanya bertahun tahun punya kendaraan bermesin selalu urus STNK via biro jasa atau calo. Tentu dengan biaya yang lebih mahal antara 30 ribu sampe 50 ribu. Tapi biro jasa deket rumah yang saya pake tahun kemaren bener bener "ngehe" masa buat jasanya aja musti bayar 100 ribu dengan alasan buat beli materai, fotokopi berkas dan biaya administrasi. padahal tarif jasa resminya cuma 30 ribu. So daripada dikibulin lagi, tahun ini saya coba urus sendiri itung-itung pengalaman.

Syarat yang dipersiapkan cuma KTP asli, BPKB+STNK asli plus duit tentunya. Semua berkas tadi wajib difotokopi. Saran saya mending fotokopinya di tempat fotocopy yang ada di samsat, semua berkas udah diurutin dan dimasukkan ke dalam stopmap sama tukangnya. Berhubung domisili saya di Tangerang Kota maka meluncurlah saya ke samsat Cikokol, pas lagi copy berkas sama abangnya dikasih tahu kalo untuk pengurusan STNK Kecamatan Cipondoh, Ciledug, Karangtengah, dan Pinang dilayani di Samsat Ciledug.

Ok singkatnya saya harus pindah ke samsat Ciledug, disambut dengan banner di pintu masuk "Perpanjangan STNK maksimal 60 Menit setelah berkas lengkap". Coba saya buktikan:
. 10.05 Menyerahkan berkas ke loket Pengambilan Formulir di Lt 1
. 10.10 Nunggu lima menit langsung dipanggil
. 10.15 Berkas diserahkan ke Loket Daftar Ulang di Lt 2
. 10.20 Dipanggil untuk Cek BPKB asli
. 10.30 Dipanggil ke Loket kasir buat bayar PKB
. 10.35 Dipanggil untuk ambil STNK

Ternyata benar kurang dari 60 menit, padahal yang ngurus STNK lumayan rame maklum hari sabtu. Satu lagi di lantai 2 disediakan tempat bermain anak, jadi pengunjung yang bawa krucil bisa memanfaatkan sembari menunggu proses di Samsat. Di sekitar lokasi juga tidak tampak calo berkeliaran. Total biaya diluar tarif pajak cuma 7000 rupiah saja, goceng buat potokopi dan stopmap sisanya buat parkir.

0 comments:

Bike To Work

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP