header

Polygon B2W - Full Upgrade

>> 14 Maret 2009

Setelah pemakaian selama kurang lebih 4 bulan dari rumah ke kantor dengan variasi trek aspal, konblok sampai jalan kampung yang rusak parah serta beberapa kali offroad ringan di sekitaran komplek, bahkan maen di trek JPG maupun Cihuni akhirnya ketahuan juga major bug-nya si koneng alias Polygon Edisi B2W :


Fork
Saat dirilis, sepeda ini dibekali dengan fork alias sokbeker depan merk Zoom. Awalnya sih lumayan empuk, namun lama-lama jadi keras dan membal. Maklum saja, teknologi yang diusungnya masih merupakan campuran oli dan per. Untuk alasan kenyamanan, rasanya penggantian ke shockbreaker tipe udara patut dipertimbangkan. Akhirnya terpilihlah RST First sebagai penahan ajrut-ajrutan. Selain sudah menggunakan teknologi "air suspension" juga dilengkapi dengan 13 setelan tingkat kekerasan. Cara pengaturannya juga mudah banget tinggal geser tombol Remote Lock sesuai kondisi jalan yang dilalui , O - untuk jalanan offrod, C- untuk common use dan R- untuk jalan aspal yang mulus. Hasil test melewati jalan on maupun offroad sangat memuaskan, mentul-mentulnya benar-benar terasa namun tetap stabil. Gile kalo RST First aja udah seenak ini gimana sokbeker yang seharga satu motor bebek yaaa???

Crank
Jika dianalogikan sebuah mobil, crank ibarat mesin, sebab bagian inilah penghasil power untuk menggerakkan sebuah sepeda. Empat bulan bertahan dengan crank SR Sountur bawaan Polygon B2W, berasa gowesnya makin lama makin berat dan mulai keluar bunyi-bunyian gak jelas. Mungkin akibat sering melibas genangan air hujan sehingga bikin kering grease ato gemuk di dalamnya. Untuk meringkankan kerja dengkul dipilihlah crank Shimano Deore FC-M532-L berteknologi Hollowtech II dan 9 speed compatible.

Cassete Sprocket dan Chain
Cassete sprocket atau gir belakang bawaan yang cuma 7 speed mulai kedodoran melayani kebutuhan gowes terutama pas di tanjakan. Bikin napas nyaris putus. Akhirnya dipensiunkan diganti darah muda CS-HG50-9M yang bisa digeber 9 speed. penggantian gir ini wajib dibarengi penggantian chain alias rantai CN-HG53 karena rantai yang lama cuma mampu melayani 7 gir.


Shifter, FD dan RD







Penggantian gir menjadi 9 speed wajib diikuti penggantian Shifter, Front Derailleur, dan Rear Derailleur. Agar serasi dengan crank disandingkanlah Shifter Deore SL-M530, FD M530-6 dan RD-M531-L menggantikan fungsi Shimano Tourney aslinya.

Hub dan Freehub






Penggantian Cassete sprocket juga berimbas pada penggantian hub HB-M535-L dan freehub FH-M535-L supaya bisa dipasangin diskbrake.

Brake Lever dan Diskbrake
Karena stock brake lever Shimano deore sedang kosong untuk sementara dipakai Brake lever Polygon. Untuk kaliper rem depan pake Shimano Non series, sedang rem belakang masih pake Tektro. Rotor ato piringan rem pake Deore untuk depan dan belakang.


Others :
Rims : United Double Wall
Tyre : Kenda Kinetic 26 x 1.75
Pedal : Alloy
Seatpost : Amoeba Scud
Stem : Zoom
Handlebar : Kalloy Oversize
Sadle : Selle Royal Rio
Grip : Velo Biologic


Hasilnya jadi Seperti ini






















Cukup untuk sementara, selanjutnya nabung buat ganti Rims, Brakeset Hydrolic, Stem dan Handlebar

9 comments:

Buyung Romadhoni 10 November 2009 pukul 13.02  

boleh tau biaya keseluruhannya brp untuk upgrade b2w nya..?? kebeulan sy baru b2w...

Salam sukses..

PRASHEBAT 10 November 2009 pukul 14.40  

salam kenal Om Buyung

selamat ber B2w selamat datang di dunia sehat irit dan ceria...

Om Buyung,untuk sekedar dipakai ber B2w alias Commuting sepeda dengan spek standar seperti Polygon B2w ini sudah sangat sangat mumpuni. Explorasi saja sepeda anda sesering dan semaksimal mungkin. Rasakan bagaimana sepeda anda di aspal mulus, di tanjakan, di turunan curam ato sekali sekali ajak offroad ringan. Seiring dengan kemampuan dan pengalaman anda bersepeda, bakalan ketemu sendiri setingan dan spek mana yang pas dan mana yang kurang sesuai dengan skill dan kebutuhan anda. Lain halnya kalo Gengsi dan Budget anda tak terbatas...bisa bisa tiap bulan upgrade/ganti part hehehehhehe


Up grade your skill, not your bike. yang penting sepedaannya bukan sepedanya.

FYI : sampai saat ini total upgrade saya kalo diitung-itung udah 3x harga awal sepeda hehehehehe karena ini satu-satunya sepeda yang dipakai B2W tiap hari plus buat maen lumpur tiap weekend, rasanya worth it lah buat saya spend budget segitu.

Semoga bermanfaat

Betedz 19 November 2009 pukul 17.08  

Om, boleh tanya ga, part korban upgrade masih ada ga ?

Phinisi Tour - Solo 5 Desember 2009 pukul 19.12  

bos, salam kenal. Saya baru mo beli sepeda nich.. n lihat2 situs polygon. Dari penampilan pengin b2w kuning tapi dari spek aku pingin x-trada 4. Kalo beli b2w trus upgrade kaya xtrada-4 (disc brake & Gir depan-belakang) dari segi biaya gimana ya?

PRASHEBAT 7 Desember 2009 pukul 10.25  

@ Mase :
Harga Xtrada 4.0 3.5 juta
Harga Poly B2w 1.9 juta

anda masih punya budjet 1.6 juta untuk upgrade ke spek xtrada 4.0

Gir depan(Crank) XCT) : 170 rb, saran saya crank gak usah diganti dulu cukup ganti Bottom Braket aja pake yang sealed bearing
* Botom Braket Shimano UN26 : 80 rb
* Disbrake Tektro /Bengal Mekanik : 500rb
* FD gak usah ganti gakpapa

Total : 580 rb

Gear Belakang
untuk dirubah jadi 8 Speed kayak Xtrada Butuh :
* Ganti gir/sproket (altus/Alivio): 125 rb
* Ganti Shifter Alivio+brakelever : 255 rb
* ganti Hub depan belakang supaya muat 8 speed plus pasang diskbrake, Shimano M 475 : 330 rb
* ganti Rear Deraliur/RDD Alivio : 1125 rb

Total : 970 rb

Total Budget 970 rb + 580 ribu = 1.550 rb

jadi kalo dilihat dari total upgrade diatas saran saya pilih Xtrada 4.0 saja, Lebih Value For Money, plus suspensi depannya lebih bagus dibanding seri B2w

semoga mencerahkan

salam kenal thx for visiting

Anonim 29 Juli 2010 pukul 21.38  

salam kenal ... saya juga pengguna b2w keluaran pertama ... seluruh part udh upgrade tinggal sisa framenya yang masih tetap ... groupset make gabungan Shimano Deore XT ,SLX dan XTR .. suspensi pake RST first platinum , discbrake dan ban maxxis ignator ... hasilnya gk ngira kalo buat nanjak panjang dan berat masih sanggup .. padahal sebelumnya kerasa berat banget ... kesimpulan sementara ... faktor pemilihan groupset dan wheelset serta ban dengan low resistance yang tepat membuat sepeda lebih nyaman, ringan dan buat naklukin tanjakan lebih mudah ..gk kalah dengan sepeda lain yang lebih mahal

Unknown 21 Agustus 2013 pukul 14.42  

Salam kenal om,,saya mau nanya,,rencana mau upgrade folding b2w polygon,,Mohon pencerahannya,,Terimakasih

Sotoy 8 Juli 2014 pukul 05.16  

salam gowes, salam kenal juga om. minta saran dong om buat upgrade seli b2w 16" supaya kayuhan tidak terlalu cape, apa dengan upgrade crank menjadi 52t adalah solusinya?

Unknown 23 Februari 2017 pukul 14.06  

salam kenal dan salam gowes om pras..saya kebetulan sudah beberapa tahun ini menggunakan seli b2w 20" untuk sepedaan di hari libur untuk olah raga..selama ini menurut saya sudah cukup rasanya..nah sekarang saya ingin upgrade dari 6 speed ke 8 speed..nah saya butuh masukan dari om pras nih apa saja yg perlu di ganti dan yg harganya bersahabat om..

Bike To Work

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP